Peralatan kolam renang dan jacuzzi Denpasar


 

Manfaat Salt Chlorine Generator untuk Kolam Renang

HOW IT WORK

Salt Chlorine Generator menggunakan media Garam, yang akan diolah menjadi Natural Chlorine. Jadi Chlorine yang terbuat dari bahan alami bukan kimia (bukan Chemical). Cara kerjanya adalah memisahkan antara Natrium dan Chlorida yang terkandung di dalam garam (rumus kimianya = NaCl) dengan bantuan elektrolis yang ada di dalam alat tersebut.

 

Menggunakan Salt Chlorine Generator akan menggurangi penggunaan bahan kimia sebesar 80%. Penambahan bahan kimia hanya diperlukan saat tertentu saja, misal cuaca buruk sering hujan atau pada saat kondisi air berkurang. Jumlahnya pun sedikit, hanya 20% saja.

POOL SANITIZATION

Air kolam renang yang bening dan berkilau belum tentu sehat. Sama halnya dengan melihat seseorang berbadan tegap, berdada busung dan bertubuh langsing. Penampilan secara fisik begitu meyakinkan, tetapi kenyataanya belum tentu seperti bayangan kita. Mengapa ? Karena kesehatan itu juga harus dilihat dari struktur kimiawinya.

 

Garam kolam renang pengganti kaporit

Secara sederhana, kesehatan kolam renang dapat dilihat dari tingkat keasaman airnya. Cara mengeceknya menggunakan kertas ph yang bisa di beli di toko peralatan kolam renang atau toko bahan kimia. Celupkan kertas ph kolam renang agak kedalam, sekitar 20 - 30cm dari permukaan airnya. Bandingkan hasilnya.

 

Idealnya, tingkat ph kolam renang yang sehat berada di kisaran 7.0.. Jika berada di bawah 7,0, airnya menjadi terlalu asam. Mempercepat pertumbuhan lumut dan membuat air berwarna hijau. Sebaliknya, jika terlalu basa, diatas 7,0 akan mempercepat perkembangan bakteri patogen dan membuat air menjadi keruh.

 

Kondisi ph 7,0 sangat sulit dicapai karena iklim di negara kita dan terlebih-lebih jika berada di luar ruangan. Karena itu, tingkat pH 7,0 - 7,5 masih bisa dikatakan ideal, sebab toleransi tubuh manusia terhadap tingkat keasaman air adalah 7,2.

 

Jika kolam renang anda terlalu asam ( ph < 7,0), tambahkan klorin untuk menaikkan ph. Sebaliknya, jika terlalu basa (ph >7,0) tambahkan soda abu untuk menurunkan ph. Dan sebaiknya penambahan bahan kimia ini dikerjakan oleh teknisi kolam renang karena kita tidak tahu dosis yang harus kita masukkan.

CLEAN VS HEALTHY

Dengan pH 7,0 - 7,5 kolam renang kita sudah sehat, airnya yang sehat. Tetapi pH ini bukan indikator kebersihan kolam renang. Istilah sehat dan bersih itu berbeda. Sehat belum tentu bersih dan bersih belum tentu sehat. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar sehat dan juga ada beberapa hal yang juga dilakukan agar bersih.

 

Cara membuat kolam renang yang sehat

 

Untuk membuat kolam renang bersih, kita menggunakan filter kolam renang. Ada tiga jenisnya yang dibedakan berdasarkan kemampuannya menyaring kotoran. Mulai dari yang paling umum digunakan, Sand Filter atau filter air menggunakan pasir sebagai media penyaringannya.

 

Ada juga catridge filter yang kemampuannya lebih baik daripada sand filter. Namun biaya perawatannya cukup tinggi karena harus mengganti filter setiap saat tergantung dari pemakaiannya. Dan yang paling mampu menyaring kotoran hingga 2-5 micron menggunakan DE Filter. Silahkan lihat Panduan Memilih Filter Kolam Renang untuk informasi lebih lanjut.

 

Fungsi utama klorin adalah disinfektan. Membunuh bakteri patogen yang tersebar di dalam air. Klorin terdapat pada kaporit, karena itu orang menyamakan kaporit dengan klorin.

 

Di pasar Indonesia, ada dua jenis kaporit yang dijual berdasarkan kadar klorin-nya. Kadar 68% dan 90%. Istilah kaporit mengacu pada kadar 68% dengan harga yang lebih murah. Sedangkan orang yang menyebut Klorin mengacu pada kadar klorin 90%.

 

Idealnya, kolam renang menggunakan Chlor-90 sebagai dis-infektan-nya. Tetapi terbentur pada harganya yang mahal sehingga tidak menguntungkan bagi kolam renang komersial. Karena itu mereka mencampur Chlor-90 dan Chlor-68 untuk menekan biaya sambil mendapatkan manfaat maksimal.

 

Mengapa tidak menggunakan Kaporit atau Chlor-68 semua, tetapi dosisnya dibuat lebih banyak ? Karena efek samping dari kaporit adalah endapan kalsium. Nama kimia kaporit adalah Kalsium Hipoklorit, terdiri dari kalsium dan kaporit. Kalsiumnya tidak memiliki efek disinfektan air, malahan mengotori air. Lagipula, memasukkan kaporit kedalam kolam renang harus melalui beberapa tahapan dulu, tidak bisa langsung di masukkan.

natural chlorine

Jadi, zat yang membunuh bakteri di dalam air sebenarnya adalah Klorin yang nama kimianya adalah Cl dan bentuknya adalah gas, bukan berbentuk padat. Karena itu Klorin biasanya bersenyawa dengan zat lainnya. Termasuk dengan garam dapur yang kita gunakan sehari-hari.

 

Jual Chlorinator kolam renang murah Indonesia

 

 

 

And Finally

Ada lima manfaat berendam dalam whirlpool, tentunya semuanya berhubungan dengan kesehatan tubuh kita. Air panas yang merendam tubuh akan masuk dan merenggangkan otot sehingga membuat kita lebih rileks.

 

Kabar baiknya, membuat kolam jacuzzi saat ini tidak semahal yang anda bayangkan. Hubungi kami di 08230 2222 777. Jika ada hal yang ingin anda tanyakan mengenai harga ataupun biaya pembuatan kolam jacuzzi.  

Lokasi toko online kolam renang Bali

 

Related Article

Pool Shop Bali
Promo