Peralatan kolam renang dan jacuzzi Denpasar

Ingin membuat kolam renang?
Konsultasi Gratis


Panduan Memilih Filter Kolam Renang Terbaik

POOL FILTER SPECIALIST

Ada tiga jenis swimming pool filter yang umum digunakan untuk membersihkan air kolam renang. Meskipun fungsinya sama, ketiga filter ini memiliki tingkat penyaringan yang berbeda.

 

1. Cartridge Filter
2. Diatomaceous Earth (DE) Filter
3. Sand Filter

 

Selain kapasitas filter yang harus sesuai, memilih filter kolam renang harus mempertimbangkan biaya perawatan setelahnya. Cermati tips memilih filter kolam renang ini sebelum membeli filter kolam renang baru.

CArTRIDGE FILTER

Bentuk Catridge filter umumnya tabung vertikal, di dalamnya terdapat beberapa catridge yang berfungsi menyaring kotoran yang masuk bersama-sama dengan air. Catridge inilah yang menjadi jantung penyaringan kolam renang kita.

 

Cartridge filter kolam renang dalam berbagai ukuran

Jika anda amati-amati catridge filter kolam renang ini, maka anda akan menemukan kesamaan saringan ini dengan saringan vacuum cleaner. Yang membedakan adalah bahannya, saringan filter kolam renang terbuat dari polyester sementara saringan vacuum cleaner kita terbuat dari kain atau kertas.

 

Tujuan utama catridge adalah menangkap kotoran yang kecil, sekitar 10-20 micron. Satu micron sama dengan 0,001 mm. Seberapa besar 20 micron itu ? Seukuran debu yang bisa kita lihat dengan bantuan sinar matahari petang.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak kotoran yang tersaring, akan mengakibatkan cartridge buntu. Padahal pompa kolam renang anda tetap mengalirkan air ke dalam filter tersebut. Akibatnya tekanan pada meteran filter anda akan meningkat sementara air yang kembali melalui return inlet menjadi pelan.

 

Jika anda menjumpai masalah ini, ada dua cara untuk memperbaiki filter kolam renang anda. Pertama, membersihkan cartridgenya. Caranya mudah, keluarkan dari tabungnya dan semprot dengan air bertekanan rendah. Jangan terlalu kencang karena bisa merusak cartridgenya.

 

Cara kedua adalah mengganti cartridge-nya jika memang harus diganti. Berapa lama sebaiknya catridge filter kolam renang ini diganti ? Tergantung dari seberapa kotor kolam renang anda sehari-harinya. Yang pasti umur cartridge ini tidak selama umur pasir pada sand filter. Dan juga lebih mahal daripada membeli pasir filter kolam renang.

 

Meskipun biaya perawatannya lebih mahal daripada sand filter, air kolam renang yang menggunakan cartridge filter lebih bersih karena mampu menyaring kotoran yang lebih kecil. Kelebihan lainnya adalah kekuatan pompa yang lebih kecil.

DE FILTER

Prinsip DE Filter hampir sama dengan cartridge filter karena sama-sama menggunakan cartridge. Perbedaannya hanya pada penambahan bubuk DE yang akan melapisi cartridgenya sehingga ukuran kotoran yang bisa melewati sistem penyaringan ini menjadi lebih kecil, yaitu antara 3-5 micron. Hasilnya adalah air yang lebih bersih dan jernih

 

Di sisi lainnya, biaya perawatan yang harus anda keluarkan lebih besar daripada menggunakan filter catridge. Namun tetap setara dengan kualitas air yang anda dapatkan. Sejauh ini sistem filterisasi menggunakan Diatomaceous Earth (DE) adalah sistem kolam renang terbaik.

 

Bubuk DE filter untuk kolam renang dilihat dengan mikroskop

 

Bubuk putih yang digunakan untuk melapisi cartridge filter ini sebenarnya adalah fosil tumbuhan air yang bernama diatom. Ketika mati,  bangkai diadom ini akan jatuh di dasar air dan kemudian mengendap. Itulah sebabnya dinamakan Diatomaceous Earth, Diatom yang ditemukan di dasar bumi.

 

Salah satu struktur tubuh diatom yang unik adalah dinding selnya yang mengandung 90% Silika. Jika dilihat dengan mikroskop, akan terlihat lubang kecil-kecil yang menjelaskan kemampuannya untuk menyaring air sedemikian efektif. Silika ini juga digunakan untuk pembuatan silikon maupun pembuatan silica gel yang biasanya terdapat di makanan kaleng untuk menyerap kelembaban yang membuat makanan awet secara alamiah.

 

Jika anda tidak bisa membayangkan seperti apa bentuk diatom, bayangkan saja tokoh Plankton dalam film animasi Sponge Bob Square Pants karena Diatoms ini sebenarnya keluarga plankton yang dapat berfotosintesis (fitoplankton)

SAND FILTER

Sand Filter adalah filter kolam renang yang menggunakan pasir khusus untuk proses penyaringannya. Pasir yang digunakan dalam filter ini berbeda dengan pasir yang anda temukan di halaman rumah anda. Baik secara ukuran maupun fungsinya.

 

Sand Filter aneka ukuran untuk kolam renang maupun kolam ikan

 

Pasir untuk filter kolam renang diameternya 0,4- 0,5mm. Semakin halus pasirnya semakin jernih air yang akan dihasilkan dari proses penyaringan. Perbedaan ukuran ini tidak bisa dilihat secara kasat mata tapi akan ketahuuan dari kualitas air kolam renangnya.

 

Cara kerja filter pasir kolam renang adalah mengalirkan air dari permukaan pasir yang ada di dalam filter. Dengan bantuan tekanan pompa dan gravitasi, air akan turun kebawah. Debu serta kotoran yang lebih besar dari celah antar pasir akan tertahan sementara air yang lebih bersih dialirkan kembali ke kolam.

 

Bagian permukaan pasir memang lebih cepat kotor kemudian lapisan bawahnya dan bawahnya lagi sampai tekanan pada meteran filter anda naik 10 psi. Itulah saatnya membersihkan Sand Filter anda dengan cara BACKWASH.

 

Backwash adalah proses membalikan aliran air menjadi dari bawah ke atas sehingga kotoran yang di atas "dipaksa" keluar dari dalam filter. Demikian pula kotoran yang dibawah dipaksa naik ke atas sehingga celah antar pasir menjadi longgar kembali. Lamanya proses ini 2 hingga 3 menit. Yang perlu anda lakukan hanyalah memutar tuas Multiport Valve dari Filter ke Backwash. Mudah bukan ?

 

Inilah kelebihan dari Sand Filter, mudah dioperasikan dan biaya perawatannya pas di kantong.

THE BEST SWIMMING POOL FILTER

Setiap jenis filter kolam renang tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli salah satu dari ketiga jenis filter ini adalah kebutuhan anda. Apa yang sebenarnya anda harapkan dari kolam renang anda dan berapa budget yang bersedia anda sisihkan untuk merawatnya ?

 

Perbandingan antara sand filter, cartridge filter dan DE filter

 

Jika anda menginginkan kualitas air yang superior, maka DE Filter-lah yang harus anda beli, namun anda harus mau mengalokasikan dana yang lebih banyak untuk merawatnya.

 

Jika anda hanya bersedia mengalokasikan sedikit dana untuk maintenance kolam renang namun menginginkan air kolam renang yang berkilau ketika disinari matahari maka Catridge filter adalah pilihan terbaik.

 

Jika anda menginginkan filter kolam renang yang bandel, awet dan bersahabat dengan dompet, maka belilah Sand filter.

 

Pertimbangan terakhir sebelum membeli filter untuk kolam renang anda adalah lokasi dan cuaca. Jika anda tinggal di Indonesia yang berdebu maka anda harus tahu bahwa lokasi kolam renang outdoor akan mudah sekali dikotori dengan debu yang terbawa angin.Menggunakan catridge filter akan membuat filter cepat kotor sehingga meningkatkan biaya perawatan kolam renang anda. Apalagi menggunakan DE Filter, bisa gemes anda dengan tagihannya.

 

Jadi, apakah DE dan Cartridge filter tidak cocok dengan cuaca Indonesia ? Secara umum jawabannya adalah iya betul. Namun bukan berarti tidak ada orang yang menggunakan kedua jenis filter ini. Hotel yang memiliki indoor swimming pool masih bisa menggunakan Cartridge maupun DE Filter. Demikian pula dengan pemilik Water SPA and Jacuzzi masih bisa membeli jenis filter ini.

 

Ngomong - ngomong tentang Jacuzzi, sudahkan anda melihat beberapa produk water massage yang dimiliki oleh PoolNJacuzzi ? Kami memiliki tiga tipe water massage bed, tiga tipe water massage chair dan enam pilihan water massage jet yang cocok untuk kolam renang pribadi anda maupun untuk pemilik SPA.

TOP MOUNT OR SIDE MOUNT FILTER

Istilah top mount dan side mount ini berhubungan erat dengan lokasi multiport valve. Top mount filter berarti posisi multiport valve-nya berada di atas tabung filter. Jika posisi multiport valve di samping badan filter maka disebut side mount.

 

Jual Top Mount Sand Filter

 

Jika kita amat-amati, hanya jenis Cartridge filter saja yang tidak memiliki multiport valve, sedangkan DE filter dan Sand filter memiliki multiport valve. Malahan untuk sand filter kapasitas besar menggunakan multiport valve ukuran besar yang sering disebut Butterfly valve.

 

Mengapa cartridge filter tidak perlu Multiport valve ? Karena jenis filter ini tidak memerlukan backwash untuk membersihkan  komponen penyaringannya. Sedangkan DE Filter dan Sand Filter membutuhkan proses backwash dan rinse untuk meremajakan kembali jantung penyaringannya.

 

Nah, harga side mount filter biasanya lebih mahal daripada top mount karena komponen yang digunakan lebih banyak. Proses pembuatannya pun lebih rumit. Lalu, kenapa harus bikin ruwet jika bisa dipermudah ?  Karena kebutuhan tiap-tiap orang berbeda.

 

Jual Side Mount Sand Filter

 

Anda akan mengetahui kelebihan side mount filter jika sudah waktunya mengganti pasir di dalam sand filter anda. Cara menggantinya sangat mudah, buka tutup atas filter dan sedot pasirnya. Tuangkan pasir baru dan tutup kembali. Selesai !

 

Sedangkan proses penggantian pasir di top mount sand filter lebih panjang. Anda harus membuka sambungan pipa-pipa yang masuk ke multiport valve dulu. Kemudian membuka multiport valve-nya. Setelah itu baru bisa mengeluarkan pasir dan menggantinya. Untungnya, jangka waktu penggantian pasir filter cukup lama, 5 - 7 tahun sekali. Horee !

COMMERCIAL SAND FILTER

Standar filter untuk kolam renang umum adalah sand filter karena nilai ekonomisnya. Kolam renang publik bertujuan meraih laba sehingga harus mengoptimalkan semua biaya yang ada. Dari ketiga jenis filter yang telah kita pelajari tadi, hanya filter pasirlah yang nilai invesatasinya kecil dan memiliki biaya maintenance termurah.

 

Jual Hi Rate Commercial Filter untuk Waterboom dan kolam renang umum

 

Di halaman website filter kolam renang kami anda akan menemukan 3 kategori sand filter: all in 1 filter, filter only  dan commercial filter. Untuk All in One atau Filtration system sudah jelas, yaitu satu paket pompa beserta filternya. Nah, apa perbedaan antara seri FG dan FCG ini ?

 

Pertama, material produknya. Seri Hi Rate Commercial Filter terbuat dari fiberglass sedangkan seri FG menggunakan bahan plastik. Seberapa kuat filter fiberglass jika dibandingkan dengan filter plastik ?

 

Kekuatan fiberglass sering disamakan dengan kekuatan besi. Tidak ada orang yang pernah menyamakan kekuatan plastik dengan besi...^-^'. Karena memang demikian sebenarnya, fiberglass itu sekuat besi dan kuat terhadap perubahan cuaca. Tidak memuai ketika panas dan mengkeret ketika dingin. Tidak berkarat karena air dan tahan terhadap bahan-bahan kimia.

 

Harga filter fiberglass memang lebih mahal daripada filter plastik karena memang harga material dasarnya berbeda. Tapi jika anda bandingkan dengan daya tahan dan umurnya maka investasi anda sebanding dengan manfaatnya. Namun tujuan utama pembuatan filter fiberglass bukan itu saja.

 

Jual sand filter dari Fiberglass untuk kapasitas besar

 

Fiberglass filter diproduksi untuk menyelesaikan masalah cuaca dan proses kimiawi yang membuat aus dan keropos. Jika anda harus menempatkan sand filter anda di luar ruangan, dimana terkena sinar matahari sepanjang hari dankehujanan setiap musim hujan maka anda butuh filter yang terbuat dari fiberglass.

And Finally

90% kontraktor kolam renang komersial menyarankan menggunakan Hi Rate Commercial filter untuk sistem sirkulasi dan penyaringannya karena nilai ekonomis. Investasi awal lebih kecil serta low cost maintenance untuk jangka panjang.

 

Beruntunglah kita semua karena kemajuan teknologi sehingga bisa memaksimalkan kualitas air kolam renang sekalipun menggunakan sand filter. Caranya mudah, cukup mengganti pasirnya dengan Zeolite. Kemampuan penyaringanan filter pasir anda  meningkat 90%, dari 20 micron hingga 3 micron. Setara dengan kemampuan DE Filter namun dengan segala kelebihan Sand Filter

 

Tips memilih filter kolam renang adalah membeli filter satu level di atas kebutuhan anda. Dengan begitu akan mengurangi biaya perawatan karena lebih lama kotor, lebih jarang backwash dan lebih sedikit air yang terbuang.

 

Jika anda sudah memiliki Sand filter untuk kolam renang  anda sendiri maka jangan sering melakukan backwash karena mengurangi kefektifan penyaringannya. Sampai tingkat tertentu, debu dan partikel yang tersaring di pasir filter anda justru membantu proses filterisasi. Itulah sebabnya spesifikasi sand filter sering ditulis 40-20 micron.

 

Apapun kebutuhan anda, pompa kolam renang, filter kolam renang bahkan peralatan spa maupun Jacuzzi selalu ready stock di PoolnJacuzzi Bali. Hubungi kami di 08230 2222 777jika ada sesuatu yang mengganjal pikiran anda.  

Lokasi toko online kolam renang Bali

 

Related Article

Pool Shop Bali
Promo